Buah pisang bisa jadi alternatif untuk diet

 

 

Buah pisang yang tidak asing lagi kalangan masyarakat sebagai bahan dasar camilan keripik pisang  ini mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Apa saja kandungan gizi buah pisang, yaitu protein, karbohidrat, vitamin A, niasin, tiamin, riboflavin, asam folat, kalium dan juga lemak dengan kadar rendah.

Berikut penjelasan tentang kandungan yang terdapat pada buah pisang :

Karbohidrat

Sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Energi tersebut butuhkan mulai dari bernapas hingga aktivitas tubuh yang lebih intens.

Vitamin A

Membantu memelihara kesehatan organ-oran penting seperti jantung, paru-paru, serta otak dengan mengoptimalkan proses pertumbuhan dan pembelahan sel-nya.

Vitamin B1 atau tiamin

Vitamin yang berperan dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Tiamin juga membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik. Asupan vitamin B1 harian tubuh bisa dapatkan melalui makanan atau suplemen.

Baca juga : Manfaat pisang lebih manis dari rasanya

Asam Folat

Berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Senyawa protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.

Kalium

Berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

Protein

Untuk pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh.

Riboflavin

Untuk membantu proses penguraian karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Selain penyerapan, riboflavin juga membantu proses penyerapan oksigen dalam tubuh.

Niasin

Berperan dalam pengubahan nutrisi makanan menjadi energi. Metabolisme energi ini melibatkan dua koenzim, yakni NAD dan NADP.

Kandungan karbohidrat buah pisang sendiri cukup tinggi sebannyak 26-27 gram, setara dengan setengah mangkok nasi. Wow cukup banyak ya..

Maka dari itu buah pisang menjadi alternatif makanan pokok terutama untuk orang yang menjalankan diet. Kok bisa jadi alternatif ya? Iya, meskipun kandungan karbohidrat pada buah pisang cukup tinggi tetapi rendah lemak.

Kandungan karbohidratnya tergolong kedalam Slowly Digestable Starch (SDS) atau jenis karbohidrat yang lambar dicerna. Karbohidrat terserbut akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Nah, cocok banget kan untuk yang diet. mendapatkan buah pisang ini sangat mudah dan harganya pun bersahabat banget juga bisa untuk olahan makanan rendah kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *