Pisang Kirana Tembus Pasar Internasional

shopee.co.id

Pisang Mas Kirana Masuk Pasar Eropa

Bangga!! Pasar internasioal menerima produk unggulan dari Indonesia . Karena dapat mengangkat kesejahteraan para petani yang membudidayakan pisang kirana ini. Bagi kamu yang belum tau apa itu pisang kirana?

 

news.okezone.com

Buah pisang lokal spesial Kabupaten Lumajang Jawa Timur, mulai diincar pasar Eropa & rencana akan dikenalkan pada Expor Hortikultura pada Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Baca juga : Keripik Pisang Aman Untuk Diet

Eddy Hozaini mengungkapkan terdapat tamu berdasarkan NGO (Non Government Organization) atau LSM, Joao Palacios Morales selaku konsultan butir & sayuran (Consultant Fruit And Vegetables) berdasarkan Swiss Import Promotion Programme (SIPPO) tiba ke Lumajang buat menarik perhatian orang Erop. Hal itu membawa angin segar bagi grup tani yg membudidayakan tumbuhan tadi,” tuturnya misalnya dari kutipan Antara, Minggu Menurutnya, banyaknya produk hortikultura impor ke pasaran Indonesia berdampak dalam buah lokal pada daerah.

Tetapi buah pisang lokal spesial Lumajang itu bisa memasuki pasar Eropa. Pisang mas kirana yg sebagai andalan Lumajang itu akan melakukan perkenalan dalam Expo Hortikultura Internasional pada Berlin-Jerman,” katanya.

Survei sudah  & Dinas Pertanian memfasilitasi penjajakan itu menggunakan mempertemukan perwakilan SIPPO. Joao Palacios Morales, menggunakan grup tani. Selama survei, laki-laki berkebangsaan Kolombia itu relatif kagum terhadap upaya budidaya pisang itu dari grup tani pada Kecamatan Senduro salah satunya  Kelompok Tani Raja Mas.

Setelah berdialog & melihat sendiri syarat mutu produk, kemampuan produksi & proses produksi. Budidaya tersebut andil pada expo Berlin, Untuk itu menjadi persiapan para petani pada Kecamatan Senduro belajar bahasa Inggris buat berpromosi pada aktivitas pameran tadi. Pihak SIPPO akan membantu penuh peluang pemasarannya. Sementara Ketua Gabungan Kelompok Tani Raja Mas, Achmad Cholis. Mengungkapkan bentuk butir & rasa anggun pisang mas kirana sebagai salah satu faktor peluang untul ekspor ke beberapa negara.

Kandungan Nutrisi 

Kandungan gizi yg masih ada pada setiap butir pisang matang merupakan 99 kalori, protein 1,dua gram, lemak 0,dua gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,lima mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg.  Bentuk pisang yang unik dan memiliki kandungan nutrisi yang banyak.

Petani membudidayakannya pada ketinggian 676 sekitar lereng Gunung semeru. dan saat ini pengembangannya terdapat 3 kecamatan. Berdasarkan bagian atas air laut (mdpl) yakni pada Kecamatan Senduro, Pasrujambe, & sekarang diperluas ke Kecamatan Gucialit. (Ant/Igw)

Baca juga : Pisang Mas Kirana Lumajang Menggoda Orang Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *